TUGAS
PENGANTAR WEB SCIENCE
WEB
DAN PERILAKU SOSIAL
8
JULI 2022
NAMA :
ALOYSIUS RIANDIKA HERMAWAN
KELAS : 2IA16
NPM :
50420149
TEKNIK
INFORMATIKA
UNIVERSITAS
GUNADARMA
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PENDAHULUAN
Dompet digital
atau e-wallet menjadi tren pembayaran
dewasa ini. Dua
pemain raksasa untuk dompet
digital yang ada
di Indonesia yaitu
Gopay dan OVO
tidak hanya menawarkan kemudahan
dalam transaksi pembayaran namun juga menawarkan berbagai macam program promosi
dalam bentuk potongan harga hingga cashback. Dompet digital yang dulu terbatas
penggunaannya hanya untuk transaksi pembayaran transportasi onlinesaat ini
sudah dapat digunakan
oleh konsumen untuk
berbelanja. Perkembangan
finance technologypada dasarnya sangat ditunjang olehkemajuan teknologi internet
dan peningkatan jumlah
pengguna smartphone. Selain itu,
semakin maraknya fenomena belanja onlineserta hadirnya
sejumlah e-commercedi Indonesia
menjadikan peluang bagi
perusahaan dompet digital
untuk semakin berkembang
dan berkompetisi satu sama
lain. Ditambah lagi
dengan saat ini pengelolaan dana
yang ditempatkan masyarakat di
perusahaan dompet digital
juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga akan semakin
membuat masyarakat percaya untuk menempatkan dana dalam jumlah yang besar pada
aplikasi dompet digital itu sendiri.
Dompet digital tidak
hanya menawarkan kepraktisan
dalam bertransaksi, namun saat ini dapat dikatakan bahwa dompet
digital telah menjadi gaya hidup baru atau tren di masyarakat. Di
beberapa negara maju
seperti Jepang dan
Cina dapat dijadikan
contoh sukses untuk penerapan
transaksi yang bersifat
nontunai dengan menggunakan
dompet digital. Hampir seluruh
aktivitas keseharian masyarakatnya
mulai dari transaksi
belanja sampai dengan pembayaran tiket
kereta atau trasportasi umum
lainnya telah menggunakan dompet
digital. Dompet digital
kini telah hadir
di Indonesia dan mendapatkan respon
yang positif dari
masyarakat.
Masing-masing merek pastinya akan menawarkan program promosi yang menarik. Selain itu, pelanggan bisa mengunduh dan menggunakan lebih dari satu aplikasi dompet digital. Bahkan ada pelanggan yang menggunakan dua atau tiga aplikasi dompet digital guna membandingkan program promosi yang paling menguntungkan bagi mereka. Sebagai contoh program promosi yang ditawarkan oleh beberapa merek dompetdigital yang ada di Indonesia antara lain cashback, diskon, rewards, voucher, sampai dengan pengumpulan poin yang nantinya bisa digunakan untuk berbelanja. Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna dompet digital, maka salah satu indikasi penyebab atau alasan mengapa masyarakat berminat menggunakan aplikasi dompet digital adalah ketertarikan pada program promosi tersebut.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PEMBAHASAN
Iklan
Iklan
adalah promosi didefinisikan sebagai fungsi pemasaran yang mengkomunikasikan
program-program pemasaran secara persuasif kepada target atau calon pelanggan
untuk mendorong terciptanya transaksi pelanggan. Berdasarkan definisi tersebut,
maka dengan kata lain, promosi dapat memberikan indikasi bahwa program-program
pemasaran yang dikomunikasikan dengan baik dapat membujuk pelanggan untuk
memakainya kembali. Tujuan iklan adalah tugas komunikasi tertentu dan tingkat
pencapaian yang harus diselesaikan dengan audiens yang spesifik dalam periode
waktu tertentu. Iklan mempunyai empat tujuan, yaitu untuk menginformasikan,
mengingatkan, membujuk, dan menguatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
iklan merupakan salah satu alat bauran promosi yang berfungsi untuk
mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif sehingga menciptakan
pemakaian dan minat memakai ulang suatu layanan.
Promosi
Penjualan
Promosi
didefinisikan sebagai fungsi pemasaran yang mengkomunikasikan program-program
pemasaran secara persuasif kepada target atau calon pelanggan untuk mendorong
terciptanya transaksi pelanggan. Berdasarkan definisi tersebut, maka dengan
kata lain, promosi dapat memberikan indikasi bahwa program-program pemasaran
yang dikomunikasikan dengan baik dapat membujuk pelanggan untuk memakainya
kembali. Promosi penjualan, yang merupakan salah satu alat bauran promosi,
adalah insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu
produk atau layanan. Tujuan promosi penjualan adalah untuk mendorong pembelian
yang lebih sering atau pembelian unit berukuran lebih besar di antara pengguna,
membangun uji coba di antara non-pengguna, dan menarik pengalih dari merek
pesaing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa promosi penjualan merupakan
salah satu alat bauran promosi yang efektif untuk menciptakan pemakaian dan
minat memakai ulang suatu layanan.
Persepsi
Kemudahan Penggunaan
Persepsi
kemudahan penggunaan didefinisikan sebagai sejauh mana seseorang percaya bahwa
menggunakan suatu sistem akan bebas dari usaha. Sehingga apabila seseorang
percaya bahwa suatu teknologi mudah digunakan maka orang tersebut akan
menggunakannya kembali. Variabel persepsi kemudahan penggunaan memberikan
indikasi bahwa suatu sistem dibuat bukan untuk mempersulit, namun mempermudah
pemakainya. Seseorang yang menggunakan suatu teknologi untuk mempermudah
pekerjaannya dibanding secara manual.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR
PUSTAKA
Devica,
Sadana. "Dompet Digital: Beragam Program Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap
Pembelian Secara Impulsif." Jurnal Bisnis Terapan 6.1
(2022): 33-42.
Priskilia,
Priskilia, and Tony Sitinjak. "Pengaruh Iklan, Promosi Penjualan, Dan
Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Memakai Ulang Layanan Go-Pay Di
Wilayah Jakarta." Jurnal Manajemen 9.1 (2019).
0 komentar:
Posting Komentar