TUGAS VCLASS M13 PENGANTAR WEB SCIENCE

TUGAS PENGANTAR WEB SCIENCE

WEB DAN PERILAKU SOSIAL

8 JULI 2022



 

 

 

 

NAMA            : ALOYSIUS RIANDIKA HERMAWAN

KELAS           : 2IA16

NPM               : 50420149

 

 

 

TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PENDAHULUAN

Dompet  digital  atau e-wallet menjadi  tren  pembayaran  dewasa  ini.  Dua  pemain raksasa  untuk  dompet  digital  yang  ada  di  Indonesia  yaitu  Gopay  dan  OVO  tidak  hanya menawarkan kemudahan dalam transaksi pembayaran namun juga menawarkan berbagai macam program promosi dalam bentuk potongan harga hingga cashback. Dompet digital yang dulu terbatas penggunaannya hanya untuk transaksi pembayaran transportasi onlinesaat  ini  sudah  dapat  digunakan  oleh  konsumen  untuk  berbelanja. Perkembangan finance technologypada dasarnya sangat ditunjang olehkemajuan teknologi  internet  dan  peningkatan  jumlah  pengguna smartphone.  Selain  itu,  semakin maraknya  fenomena  belanja onlineserta  hadirnya  sejumlah e-commercedi  Indonesia menjadikan  peluang  bagi  perusahaan  dompet  digital  untuk  semakin  berkembang  dan berkompetisi  satu  sama  lain. Ditambah   lagi   dengan   saat   ini pengelolaan  dana  yang ditempatkan  masyarakat  di  perusahaan  dompet  digital  juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga akan semakin membuat masyarakat percaya untuk menempatkan dana dalam jumlah yang besar pada aplikasi dompet digital itu sendiri.

Dompet  digital tidak  hanya  menawarkan  kepraktisan  dalam  bertransaksi,  namun saat ini dapat dikatakan bahwa dompet digital telah menjadi gaya hidup baru atau tren di masyarakat.  Di  beberapa  negara  maju  seperti  Jepang  dan  Cina  dapat  dijadikan  contoh sukses  untuk  penerapan  transaksi  yang  bersifat  nontunai  dengan  menggunakan  dompet digital.  Hampir  seluruh  aktivitas  keseharian  masyarakatnya  mulai  dari  transaksi  belanja sampai    dengan    pembayaran    tiket    kereta    atau    trasportasi    umum    lainnya    telah menggunakan   dompet   digital.   Dompet   digital   kini   telah   hadir   di   Indonesia   dan mendapatkan  respon  yang  positif  dari  masyarakat.

Masing-masing   merek   pastinya   akan menawarkan program promosi yang menarik. Selain itu, pelanggan bisa mengunduh dan menggunakan  lebih  dari  satu  aplikasi  dompet  digital.  Bahkan  ada  pelanggan  yang menggunakan  dua  atau  tiga  aplikasi  dompet  digital  guna  membandingkan  program promosi yang paling menguntungkan bagi mereka. Sebagai contoh program promosi yang ditawarkan  oleh  beberapa  merek  dompetdigital  yang  ada  di  Indonesia  antara  lain cashback,  diskon, rewards, voucher,  sampai  dengan  pengumpulan  poin  yang  nantinya bisa   digunakan   untuk   berbelanja.   Seiring   dengan   semakin   meningkatnya   jumlah pengguna  dompet  digital,  maka  salah  satu  indikasi  penyebab  atau  alasan  mengapa masyarakat  berminat  menggunakan  aplikasi  dompet  digital  adalah  ketertarikan  pada program  promosi  tersebut.

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


PEMBAHASAN

Iklan

Iklan adalah promosi didefinisikan sebagai fungsi pemasaran yang mengkomunikasikan program-program pemasaran secara persuasif kepada target atau calon pelanggan untuk mendorong terciptanya transaksi pelanggan. Berdasarkan definisi tersebut, maka dengan kata lain, promosi dapat memberikan indikasi bahwa program-program pemasaran yang dikomunikasikan dengan baik dapat membujuk pelanggan untuk memakainya kembali. Tujuan iklan adalah tugas komunikasi tertentu dan tingkat pencapaian yang harus diselesaikan dengan audiens yang spesifik dalam periode waktu tertentu. Iklan mempunyai empat tujuan, yaitu untuk menginformasikan, mengingatkan, membujuk, dan menguatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa iklan merupakan salah satu alat bauran promosi yang berfungsi untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif sehingga menciptakan pemakaian dan minat memakai ulang suatu layanan.

Promosi Penjualan

Promosi didefinisikan sebagai fungsi pemasaran yang mengkomunikasikan program-program pemasaran secara persuasif kepada target atau calon pelanggan untuk mendorong terciptanya transaksi pelanggan. Berdasarkan definisi tersebut, maka dengan kata lain, promosi dapat memberikan indikasi bahwa program-program pemasaran yang dikomunikasikan dengan baik dapat membujuk pelanggan untuk memakainya kembali. Promosi penjualan, yang merupakan salah satu alat bauran promosi, adalah insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau layanan. Tujuan promosi penjualan adalah untuk mendorong pembelian yang lebih sering atau pembelian unit berukuran lebih besar di antara pengguna, membangun uji coba di antara non-pengguna, dan menarik pengalih dari merek pesaing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa promosi penjualan merupakan salah satu alat bauran promosi yang efektif untuk menciptakan pemakaian dan minat memakai ulang suatu layanan.

Persepsi Kemudahan Penggunaan

Persepsi kemudahan penggunaan didefinisikan sebagai sejauh mana seseorang percaya bahwa menggunakan suatu sistem akan bebas dari usaha. Sehingga apabila seseorang percaya bahwa suatu teknologi mudah digunakan maka orang tersebut akan menggunakannya kembali. Variabel persepsi kemudahan penggunaan memberikan indikasi bahwa suatu sistem dibuat bukan untuk mempersulit, namun mempermudah pemakainya. Seseorang yang menggunakan suatu teknologi untuk mempermudah pekerjaannya dibanding secara manual.



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


DAFTAR PUSTAKA

Devica, Sadana. "Dompet Digital: Beragam Program Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Secara Impulsif." Jurnal Bisnis Terapan 6.1 (2022): 33-42.

Priskilia, Priskilia, and Tony Sitinjak. "Pengaruh Iklan, Promosi Penjualan, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Memakai Ulang Layanan Go-Pay Di Wilayah Jakarta." Jurnal Manajemen 9.1 (2019).


0 komentar:

Posting Komentar