- DDA(Digital Differential Analyzer)
1. Pertama, dalam pembentukan garis tentukan dua titik yang akan dihubungkan terlebih dahulu.
2. Kemudian, tentukan titik awal dan titik akhir.
3. Hitung hasil perhitungan dari dx = x2 - x1 dan dy = y2 - y1.
4. Tentukan step, dengan syarat :
• Jika dx > dy maka step = dx
• Sebaliknya, jika dx < dy, maka step = dy
5. Hitung penambahan koordinat pixel dengan permasaan menggunakan :
• x_inc = dx / step
• y_inch = dy / step
6. Untuk koordinat selanjutnya yaitu x+x_inc, y+y_inch.
7. Hasil perhitungan nilai koordinat dibulatkan.
8. Untuk menentukan posisi pixel berikutnya, ikuti kembali langkah 6 dan 7.
- Bresenham
2. Tentukan salah satu titik disebelah kiri sebagai titik awal, yaitu (X0,Y0) dan titik lainnya sebagai titik akhir (X1, Y1).
4. Hitung parameter P0= 2Dy – 2Dx.
5. Untuk setiap X1 sepanjang jalur garis, dimulai dengan k=0,
- bila pk<0, makatitik selanjutnya adalah (Xk + 1, Yk) dan Pk+1 = Pk +2Dy
- bila tidak, maka titik selanjutnya adalah (Xk + 1, Yk +1) dan Pk+1 = Pk +2Dy – 2Dx.
- Midpoint Circle
Tentukan radius r dengan titik pusat lingkaran(xc,yc) kemudian diperoleh (x0,y0) = (0,r).
Hitung nilai dari parameter P0 = 5/4 – r.
Tentukan nilai awal k=0, untuk setiap posisi xk berlaku sebagai berikut: Bila Pk < 0, maka titik selanjutnya adalah (xk+1 ,yk ) dan Parameter selanjutnya Pk+1 =Pk + 2xk+1 + 1 Bila tidak Pk > 0, maka selanjutnya adalah (xk+1 ,yk-1 )dan Parameter selanjutnya Pk+1=Pk + 2xk+1 + 1 – 2yk+1 Dimana 2xk+1 = 2xk + 2 dan 2yk+1 = 2yk – 2.
Tentukan titik simetris pada ketujuh oktan yang lain.
Gerakkan setiap posisi pixel(x,y) pada garis melingkar dari lingkaran dengan titik pusat (xc,yc) dan tentukan nilai koordinat: Xk+1 = xk + 1 dan Yk+1 = yk , atau Yk+1 = yk -1.
Ulangi langkah ke3 sampai 5, sehingga X >= y
0 komentar:
Posting Komentar