KESIMPULAN
JURNAL
“Penggunaan
User-Generated Content Dalam Promosi Wisata Putrajaya”
User
Generated Content (UGC) atau Konten Buatan Pengguna adalah sebuah konten yang
merujuk pada mengirimkan, meninjau, dan menanggapi produk atau layanan yang dibuat
oleh pengguna dan umumnya diunggah di
media sosial atau platform lainnya. Menurut Litvin (2008), survei di situs internet atau media
sosial memainkan peran yang semakin penting dalam proses pengambilan keputusan
konsumen. Hampir 75% wisatawan menggunakan internet semua perjalanan (Hock,
2007). Penelitian De Ascaniis dan Morasso (2011) menunjukkan bahwa UGC menjadikannya
penting untuk reputasi destinasi karena bertentangan dengan bentuk media dan
pemasaran tradisional karena konten diproduksi oleh konsumen dan bukan pemasar.
Ozlem Alikilic (2008) menyatakan, itu akan sangat penting ketika situs web UGC
seperti industri sudah memiliki pandangan dan komentar “baik/buruk” dengan agen
perjalanan online. Ini dimulai dengan keberadaan situs UGC TripAdvisor ketika
mereka memiliki sekitar 10 juta ulasan perjalanan, 5 juta anggota terdaftar,
dan masing-masing 25 juta pengunjung bulan (TripAdvisor 2017), TripAdvisor
sekarang menjadi situs web perjalanan paling popular dengan konten buatan
pengguna situs ini memberikan pandangan yang baik/buruk dan membangun respon
serupa dari banyak operator hotel sebagai agen perjalanan. Penelitian tentang
pengalaman pengunjung semakin banyak digunakan sebagai sumber alternatif.
Masalah ini termasuk, antara lain, buku pengunjung museum, kartu komentar,
papan umpan balik, foto pengunjung, sistem informasi geografis, dan media social.
Komen dan ulasan pengunjung spontan yang datang dari sumber alternatif ini
memberikan pandangan spesifik tentang pengalaman pengunjung. Peneliti menemukan
bahwa pengunjung lebih memilih ulasan digital untuk kenyamanan penggunaan,
aksesibilitas, pendekatan, kebebasan berbicara, dan integrasi melalui
komunikasi yang ada.
0 komentar:
Posting Komentar