KESIMPULAN JURNAL “Penggunaan User-Generated Content Dalam Promosi Wisata Putrajaya”

 

KESIMPULAN JURNAL

“Penggunaan User-Generated Content Dalam Promosi Wisata Putrajaya”

User Generated Content (UGC) atau Konten Buatan Pengguna adalah sebuah konten yang merujuk pada mengirimkan, meninjau, dan menanggapi produk atau layanan yang dibuat  oleh pengguna dan umumnya diunggah di media sosial atau platform lainnya. Menurut Litvin  (2008), survei di situs internet atau media sosial memainkan peran yang semakin penting dalam proses pengambilan keputusan konsumen. Hampir 75% wisatawan menggunakan internet semua perjalanan (Hock, 2007). Penelitian De Ascaniis dan Morasso (2011) menunjukkan bahwa UGC menjadikannya penting untuk reputasi destinasi karena bertentangan dengan bentuk media dan pemasaran tradisional karena konten diproduksi oleh konsumen dan bukan pemasar. Ozlem Alikilic (2008) menyatakan, itu akan sangat penting ketika situs web UGC seperti industri sudah memiliki pandangan dan komentar “baik/buruk” dengan agen perjalanan online. Ini dimulai dengan keberadaan situs UGC TripAdvisor ketika mereka memiliki sekitar 10 juta ulasan perjalanan, 5 juta anggota terdaftar, dan masing-masing 25 juta pengunjung bulan (TripAdvisor 2017), TripAdvisor sekarang menjadi situs web perjalanan paling popular dengan konten buatan pengguna situs ini memberikan pandangan yang baik/buruk dan membangun respon serupa dari banyak operator hotel sebagai agen perjalanan. Penelitian tentang pengalaman pengunjung semakin banyak digunakan sebagai sumber alternatif. Masalah ini termasuk, antara lain, buku pengunjung museum, kartu komentar, papan umpan balik, foto pengunjung, sistem informasi geografis, dan media social. Komen dan ulasan pengunjung spontan yang datang dari sumber alternatif ini memberikan pandangan spesifik tentang pengalaman pengunjung. Peneliti menemukan bahwa pengunjung lebih memilih ulasan digital untuk kenyamanan penggunaan, aksesibilitas, pendekatan, kebebasan berbicara, dan integrasi melalui komunikasi yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar